Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih

Menciptakan dan menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih dan sehat dimulai dari kesadaran sendiri. Selain alasan kesehatan, membersihkan dan menjaga lingkungan rumah secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup. Sangat penting memiliki pola hidup sehat agar kita terbebas dari berbagai masalah penyakit yang muncul akibat dari perilaku tidak sehat. Berikut yang dapat dilakukan agar tercipta lingkungan rumah yang selalu bersih dan sehat.

 

  1. Kebersihan dalam rumah

Area dalam rumah tentu saja menjadi bagian terpenting yang harus dibersihkan, mulai dari kebersihan kamar tidur, dapur, lantai rumah, pintu, jendela, perkakas rumah tangga hingga kebersihan kamar mandi yang jika tidak dibersihkan dengan rutin akan menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri yang sangat membahayakan kesehatan.

 

 

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Sampah merupakan salah satu sumber penyakit, begitu besar dampaknya jika sampah dibuang tidak pada tempatnya, selain membuat lingkungan menjadi kotor, sampah juga akan berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyebarkan penyakit melalui udara dan perkembangbiakan lalat. Perlu adanya kesadaran dan rasa tanggung jawab akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya.

 

  1. Mengajak Anak Mengenal Lingkungan Bersih Sejak Dini

Mengajak dan mengajarkan anak tentang  kesadaran menciptakan lingkungan yang bersih sejak dini sangatlah penting, agar kesadaran tersebut bisa tumbuh dan berkelanjutan hingga dewasa. Dimulai dari hal yang kecil seperti mengenalkan anak pada tempat sampah dan mengajarkannya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

 

  1. Gotong Royong

Membuat jadwal rutin melakuan aktifitas pembersihan lingkungan akan menciptakan pribadi yang disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. Akan lebih menyenangkan jika aktifitas ruitn tersebut dilakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar, maka kegiatan gotong royong akan terasa ringan dan lingkunganpun menjadi indah dipandang.

 

  1. Mengolah Sampah

Sampah terbagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan non organik, kedua jenis sampah tersebut dapat diolah kembali menjadi benda yang bermanfaat. Sampah organik dapat menghasilkan pupuk kompos setelah mealui beberapa proses, sedangkan sampah non organik dapat dijadikan sampah komersial atau sampah yang laku dijua. Mendaur ulang sampah non organik dapat menciptakan aktifitas menyenangkan jika ditekuni. Kita dapat mencontoh ide yang sudah ada atau memikirkan ide lain yang berbeda melalui internet maupun media lainnya.

welcome