Tips Memilih Perawat Lansia yang Tepat

Populasi penduduk lansia di Indonesia diprediksi akan meningkat di tahun 2020 menjadi sebanyak 11,37% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Mengingat jumlahnya yang semakin meningkat ini, keberadaan perawat lansia atau juga dikenal sebagai perawat gerontik sangat dibutuhkan. Keberadaan perawat gerontik tidak hanya menjadi teman bicara bagi lansia, namun juga merawat dan mengurus semua kebutuhan lansia setiap harinya.

Masalah Kesehatan Umum pada Lansia

Mengingat usia yang menua akan membuat seorang menjadi lebih lemah baik secara fisik maupun psikologis, sehingga kebutuhan akan seseorang yang membantunya menjadi sebuah keniscayaan. Berdasarkan penelitian, ada empat tahapan dalam penuaan seorang lansia, yang pertama yakni kelemahan atau impairment, selanjutnya terjadinya keterbatasan fungsional, ketidakmampuan dan juga terhambatnya fungsi tubuhnya.

1. Kurang Beraktivitas

Adanya gangguan pada persendian, tulang, otot dan saraf sering menjadi penyebab orang lanjut usia kurang bergerak.

2. Instabilitas

Ketidakstabilan pada koordinasi tubuh seorang yang lanjut usia rentan menyebabkan dia mudah terjatuh. Ketika seorang lanjut usia jatuh, maka hal tersebut akan riskan menyebabkan kepalanya terbentur, patah tulang, sakit dan cedera lainnya dari mulai sedang hingga cedera besar.

3. Gangguan pada fungsi intelektual

Fungsi intelektual atau ingatan orang lansia akan mudah mengalami gangguan dan mudah lupa.

Pentingnya Ada Perawat Lansia di Rumah

Keperawatan untuk lansia dikenal di dunia medis sebagai geriatrik atau gerontology. Gerontology memiliki pengertian ilmu yang khusus untuk meneliti dan mempelajari terkait peristiwa lanjut usia beserta masalah yang menyertainya. Seorang perawat lansia adalah seseorang yang harus memahami cabang ilmu ini mengingat fungsinya yang fundamental untuk mengasuh dan merawat lansia dengan penyakit terkait proses menua.

1. Menjaga Derajat Kesehatan Lansia

Tujuan pertama dari perawat geriatrik adalah untuk memastikan derajat dari kesehatan seorang lansia atau lanjut usia. Dengan mempertahankan derajat dari kesehatan seorang lanjut usia, hal ini memungkinkan agar lansia tersebut dapat terhindar dari risiko berbagai gangguan ataupun penyakit. Apalagi, seorang lansia memiliki daya tahan tubuh yang memang sudah menurun oleh karenanya menjaga derajat kesehatannya sangat penting.

2. Membimbing aktivitas fisik maupun mental

Meski sudah berusia lanjut tidak membuat seorang lansia tidak perlu lagi melakukan aktivitas fisik. Memang benar bahwa aktivitas fisik yang bisa dijalani sangat terbatas, namun ada beberapa jenis aktivitas fisik yang tetap dapat dilakukan oleh seorang lansia. Keberadaan seorang perawat bagi lansia di sini dibutuhkan dalam membimbing para lansia untuk melakukan aktivitas fisiknya.

Ada berbagai jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh lansia seperti berjalan kaki di pagi dan sore hari. Tentu saat lansia melakukan ini harus diawasi oleh perawat yang berkompetensi agar tidak terjadi kesalahan saat lansia menjalani aktivitas fisik.

3. Memenuhi kenyamanan dari lansia

Seseorang yang sudah mencapai usia lanjut akan membutuhkan perawatan dan juga kasih sayang yang bisa dikatakan hampir sama dengan anak-anak. Saat seseorang mencapai usia tua, tidak hanya fisiknya saja yang menurun kemampuannya, namun mental lansia juga mengalami perubahan hingga ke titik dimana ia berubah seperti anak kecil. Untuk itu keberadaan seorang perawat lansia adalah untuk memastikan segala hal yang menunjang kenyamanan lansia terpenuhi.

4. Mengedukasi lansia

Keberadaan seorang perawat akan memberikan edukasi menyeluruh bagi lansia. Perawat akan mengajarkan hal-hal terkait manajemen stress ketika memasuki usia lanjut agar tetap bahagia, panduan untuk memelihara kesehatan tubuh dan berat badan.

5. Memotivasi lansia

Tidak hanya memberikan edukasi dan pengajaran terkait peningkatan fungsi fisik ataupun untuk menurunkan risiko terinfeksi penyakit, namun perawat juga bertanggung jawab sebagai motivator. Perawat akan memberikan motivasi bagi lansia tidak hanya sebagai perawatnya, namun juga sebagai teman dan keluarga yang mendengarkan keluh kesahnya.

Tanggung Jawab dan Tugas Pokok Perawat Lansia

 

Ada beberapa tanggung jawab maupun tugas pokok dari perawat bagi lansia di rumah. Ketika Anda meninggalkan orangtua di rumah untuk bekerja, maka keberadaan perawat bagi lansia akan menjalankan sejumlah tugas pokok untuk membantu kebutuhan harian dari lansia dengan penuh tanggung jawab. Berikut adalah beberapa tugas pokok yang akan dijalankan oleh perawat bagi lansia:

1. Membersihkan diri lansia

Beberapa orang yang sudah lanjut usia mengalami kondisi inkontinensia yang merupakan masalah medis umum terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Karena adanya kondisi medis umum berupa inkontinensia ini menyebabkan para lansia harus menggunakan popok dalam kesehariannya. Oleh karena itu para perawat bagi lansia ini harus paham sejak awal mengenai tugasnya dalam memastikan kebersihan bagi lansia.

Mengenai kondisi inkontinensia ini harus dijelaskan sejak awal kepada calon perawat bagi lansia agar dia dapat memperkirakan tindakan ataupun cara perawatan yang tepat bagi pasien senior. Selain mengganti popoknya, para perawat warga senior juga harus memandikan orang yang lanjut usia sore dan pagi hari. Mereka juga harus membantu para lansia untuk merapikan rambut, menolong saat buang air kecil dan besar.

2. Mengatur jadwal minum obat

Beberapa orang lanjut usia harus meminum obat secara rutin setiap hari. Dengan adanya perawat bagi lansia, maka mereka bertugas untuk mengingatkan serta mengatur jadwal minum obat untuk lansia. Bahkan, jika lansia tidak suka harus meminum langsung, maka perawat bagi lansia bertugas untuk menyiapkan obat tersebut dalam bentuk yang memudahkan lansia untuk menelannya.

3. Menyiapkan makanan untuk lansia

Ketika Anda meninggalkan orangtua yang sudah lanjut usia di rumah, otomatis tidak akan ada orang yang menyiapkan makanan bagi lansia. Padahal, kondisi seseorang yang sudah lanjut usia biasanya sudah tidak mampu lagi untuk bekerja menyiapkan makanan untuk dirinya sendiri. Di sinilah tugas pokok perawat bagi lansia yaitu untuk menyiapkan makanan yang tepat bagi seorang lanjut usia.

Perawat akan menyiapkan dari mulai makan pagi, makan siang, malam ataupun cemilan yang tepat bagi orang lanjut usia. Perawat akan membuat makanan asal-asalan karena harus mempertimbangkan keseimbangan gizi dan vitamin. Tentu saja perawat bagi lansia perlu mengetahui alergi dari pasien agar tidak salah membuat makanan.

4. Menjadi teman bagi lansia

Beberapa lansia lebih membutuhkan teman untuk mengobrol di rumah. Untuk itulah tugas perawat lanjut usia selain menyiapkan kebutuhan lansia sehari-hari namun juga menemani lansia ketika sendirian. Perawat bagi lansia akan menjadi teman ngobrol untuk orangtua karena biasanya hal ini yang sangat dibutuhkan oleh mereka saat sudah lanjut usia.

5. Memastikan agar lansia tetap aktif

Perawat bagi lansia juga akan merancang aktivitas yang tepat bagi lansia agar dapat bergerak secara aktif meskipun berada di kursi roda. Tak perlu gerakan yang berat, cukup lakukan aktivitas ringan saja agar lansia tetap dapat bergerak secara mandiri dan ringan.

6. Mengajak lansia berjalan-jalan

Berada di rumah 24 jam penuh seminggu tentu membuat siapa saja merasa bosan dan ingin menghirup udara segar di luar rumah. Untuk itu keberadaan perawat bagi lansia adalah mengajak orang tua untuk berjalan-jalan di sekeliling rumah. tentu tidak perlu mengajak lansia berjalan jauh, cukup berkeliling di sekeliling rumah saja. Jika lansia sudah menggunakan kursi roda, maka perawat bagi lansia akan mendorong kursi roda berkeliling kompleks perumahan.

Tips Mendapatkan Perawat Lansia yang Tepat

perawat orang tua di jakarta

Semakin dinamisnya kehidupan di perkotaan membuat banyak orang yang tidak mampu untuk menjaga orangtuanya yang sudah lanjut usia 24 jam sehari. Banyak dari mereka yang membutuhkan jasa perawat lansia untuk menemani dan memenuhi kebutuhan orangtuanya di rumah selama mereka bekerja. Jika Anda sedang dalam posisi membutuhkan jasa perawat, maka pastikan Anda mengikuti beberapa tips penting di bawah ini.

1. Memahami ilmu yang lebih terkait kesehatan

Poin ini adalah poin pertama yang harus dipastikan terkait perawat untuk pasien lanjut usia. Hal ini dikarenakan merawat lanjut usia akan membutuhkan ilmu yang mumpuni dan lebih baik lagi jika memiliki latar belakang seorang petugas medis.

Seorang lanjut usia tidak hanya membutuhkan teman untuk bicara di rumah ataupun untuk membantunya melakukan beberapa aktivitas. Namun lebih jauh lagi seorang perawat bagi lansia bertanggung jawab terhadap perbaikan derajat kesehatan lansia. Oleh karena itu, perawat akan memotivasi lansia untuk beraktivitas fisik dan menjaga asupan makanan.

2. Pilih yang Sabar dan Ramah

Merawat seorang tua yang sudah lanjut usia sama dengan merawat anak kecil yang senang berkeliaran di rumah. Bahkan, merawat orang tua akan membutuhkan kesabaran yang lebih besar lagi mengingat orangtua umumnya bahkan mengalami hambatan memori dan lebih manja dibandingkan anak kecil.

Untuk itu pastikan bahwa perawat lansia yang Anda pekerjaan memiliki karakter yang ramah dan juga sabar. Perawat yang sabar dan juga ramah akan membuat lansia lebih merasa senang dan nyaman. Lansia pun akan lebih bebas untuk bercerita kepada perawat yang ramah kepada mereka. Perawat ini tidak hanya bertugas untuk merawat namun juga sebagai teman dekat para lansia.

3. Pastikan Kejujuran dari Perawat

Memiliki perawat bagi orangtua di rumah artinya Anda mempercayakan seluruh perawatan dan pengawasan dari orangtua Anda yang telah lansia kepada perawat tersebut. Anda pun akan melepaskan rumah Anda untuk ditempati oleh perawat tersebut selama seharian penuh ketika Anda bekerja.

Untuk itu mendapatkan perawat yang jujur sangatlah penting ketika Anda melakukan seleksi memilih perawat. Anda bisa mengetahui kejujuran perawat dari history pekerjaannya ataupun berdasarkan jaminan penyedia layanan perawat.

4. Perawat Berpengalaman

Meski faktor pengalaman tidak selalu menjadi faktor penting utama yang harus dipertimbangkan, namun tentu jika disuruh memilih Anda akan lebih cenderung memilih perawat yang berpengalaman. Selain memiliki pengalaman yang mumpuni dalam merawat lansia, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan sertifikasi yang sudah dimiliki perawat.

Akan lebih baik jika perawat bagi lansia tersebut sudah mendapatkan pelatihan dalam keperawatan lansia. Dengan menjalani pelatihan dalam keperawatan lansia, maka petugas tersebut lebih dipercaya untuk merawat lansia di rumah.

Tempat Terbaik Mendapatkan Perawat bagi Lansia

Ada jasa yang menawarkan jasa perawat bagi lansia terutama di kota-kota modern seperti Jakarta dan Jabodetabek. Anda pun dapat dengan mudah menemukan lembaga tersebut baik melalui online ataupun datang langsung ke kantornya. Namun, kita tidak bisa memastikan apakah lembaga tersebut menyediakan perawat bagi lansia yang kompeten ataukah tidak.

Untuk itu helpme.co.id menawarkan solusi bagi Anda yang sedang mencari perawat bagi lansia terbaik dan berkompetensi. Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh helpme.co.id bagi Anda yang sedang mencari jasa perawat bagi lansia. Berikut penjelasannya.

1. Perawat dari Help sudah mendapatkan pelatihan

Anda yang akan menitipkan orangtua Anda selama bekerja kepada seorang perawat dari Help tidak perlu khawatir mengenai kualitas dari perawat tersebut. Hal ini dikarenakan Help akan mengadakan training secara menyeluruh kepada calon mitranya sebelum mitra tersebut dapat menerima penawaran dari aplikasi Help. Seluruh calon mitra akan mendapatkan training menyeluruh saat mendaftar hingga kemudian dapat memiliki akun yang aktif di aplikasi Help.

2. Jasa yang Ditawarkan sangat Lengkap

Help tidak hanya membuka jasa perawatan lansia, perawat anak-anak maupun mereka yang sedang sakit, namun beragam jasa lainnya juga disediakan oleh Help. Anda bisa mendapatkan jasa bersih-bersih rumah dari aplikasi Help. Selain itu, Help juga menyediakan jasa mencuci, menyetrika, tukang kebun, supir pribadi ataupun untuk bertukang.

Lengkapnya jasa yang ditawarkan oleh Help akan sangat membantu kegiatan sehari-hari Anda di rumah. Anda bisa memesan jasa yang dibutuhkan kapanpun Anda memerlukannya. Anda bisa memesan jasa tukang cuci dua kali seminggu misalnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memesan jasa perawat bagi lansia setiap hari kerja sesuai kebutuhan.

3. Tidak Mengikat dan Fleksibel

Salah satu hal yang menarik dari jasa yang ditawarkan oleh aplikasi Help adalah Anda bisa memperoleh jasa perawat, asisten rumah tangga, hingga supir pribadi tanpa mengikat mereka dalam sebuah kontrak. Anda akan membayar jasa mereka sesuai dengan lama dan jenis pekerjaan yang dilakukan. Anda dapat memesan kapanpun segala jenis jasa yang Anda perlukan minimal dua jam sebelum jam pekerjaan dimulai.

4. Lebih Efisien Waktu

Memesan penyedia jasa lewat aplikasi Help tidak hanya membantu Anda untuk menemukan penyedia jasa yang telah dilatih mumpuni dalam mengerjakan pekerjaan yang berhubungan, namun juga akan lebih menghemat waktu pencarian Anda. Kini Anda tidak perlu berkunjung atau bepergian dari satu lembaga penyedia jasa ke lembaga yang lain hanya untuk mendapatkan penyedia jasa yang tepat.

Anda hanya perlu menginstall aplikasi Help yang bisa diunduh dari Playstore dan Appstore di smartphone Anda. Selanjutnya tinggal memesan jenis jasa yang dibutuhkan langsung melalui aplikasi ini. Para mitra dari aplikasi Help kemudian akan mengambil pesanan atau order dari Anda. Jika pesanan telah diambil oleh mitra, maka Anda tinggal mentransfer sejumlah uang sesuai dengan biaya yang tertera di aplikasi.

5. Pembayaran Mudah

Sebelum para mitra dapat memulai pekerjaan, para klien harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sesuai dengan jenis pekerjaan yang tertera di dalam aplikasi. Pembayaran sangat mudah dan tidak merepotkan karena aplikasi Helper menerima pembayaran dari semua jenis metode pembayaran. Anda dapat membayar menggunakan transfer, gopay ataupun debit.

Dengan menggunakan aplikasi Help yang Anda download di App Store, Anda akan memperoleh segala jenis bantuan yang Anda butuhkan dalam waktu cepat. Bahkan, jika Anda tiba-tiba membutuhkan asisten rumah tangga untuk bersih-bersih rumah ataupun perawat lansia untuk menjaga orangtua di rumah sebelum berangkat kerja, Anda tinggal memesan jasa Help 2 jam sebelum pekerjaan dimulai. Bisa hubungi kami juga melalui (WA) : 0815-8605-2595 / 0817-116-110

welcome